TEKNIK
PENULISAN SKRIP
DALAM
MULTIMEDIA PEMBEBELAJARAN
Saya
mengambil teknik penulisan skrip sebagai bahan tugas yang diberikan bapak
kepada kami sebagai rangkuman materi
kuliah dari Dr.Irwanto, karena luasnya materi yang dibahas saya mempersempit
pengambilan materi Teknik Penulisan Skrip dalam multi Media Pembelajaran ,
Skrip
merupakan sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus disiapkan
oleh perancang pembelajaran berbasis computer yang meliputi analisis kebutuhan
program, hasil telaah konten pembelajaran, flow chart, story board dan
penetapan software dalam membangun model pembelajaran berbasis komputer.
Model
skrip dikelompokkan menjadi empat yaitu : 1) Model Multimedia Pembelajaran
Tutorial, 2) Model Multimedia Pembelajaran Simulasi, 3) Model Multimedia
Pembelajaran Games, dan 4) Model Multimedia Pembelajaran Drill. Adapun
karakteristik dari model-model tersebut adalah sebagai berikut.
1. Karakteristik
Skrip Model Tutorial
Ketentuan umum bahwa
model ini bias dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai
berikut.
v Informasi
Baru
v Bersifat
Konsep
v Luas
dan Mendalam
v Memerlukan
control dan mastery learning
v Berhubungan
antara bagian pokok materi yang satu dengan yang lainnya.
v Memungkinkan
dipelajari secara berulang
v Memiliki
pola pikir dan arah pembelajaran bercabang;
v Membutuhkan
kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau mastery learning secara
keseluruhan
v Menekankan
pada mengoptimalkan pencapaian aspek kognitif.
Adapun
ciri khas model ini mempunyai bentuk prosedur:
Ø Pendahuluan
berisikan identitas mata pelajaran, identitas programmer, Judul pokok materi
pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh.
Ø Pokok
materi dikemas dalam bentuk skrip tutorial ini dapat dibagi dalam dua bagian
yaitu bagian uraian materi (content) dan bagian evaluasi (evaluation)
Ø Jenis
balikan atau respon
Ø Deteksi
jawaban salah dan betul
Ø Soal
formatif atau UTS, bisa disajikan secara tersendiri di luar prosedur tutorial
Ø Melihat
hasil
Komponen
penting dalam skrip model tutorial adalah sebagai berikut.
§ Pengenalan,
terdiri dari: (a) Judul Program; (b) Identitas Program; (c) Objektivitas
Penyajian; (d)Petunjuk; (e) Stimulasi prioritas pengetahuan, bertujuan sebagai
appersepsi; (f) Inisial control, tampilan inisial control berisi pilihan bagi
siswa untuk menggunakan program.
§ Penyajian
informasi terdiri atas: (a)) Mode penyajian atau mode presentasi; (b) Panjang
teks penyajian; (c) Grafik dan animasi; (d) Warna dan penggunaannya
§ Pertanyaan
atau respon
§ Penilaian
respon
§ Pemberian
balikan respon
§ Pengulangan
§ Segmen
pengaturan pelajaran
§ Penutup
2. Karakteristik
Skrip Model Simulasi
Ketentuan umum Skrip
Model Simulasi adalah sebagai berikut.
v Bersifat
proses bekerjasanya sesuatu alat, penciptaan produk tertentu
v Terdiri
dari Prosedur dalam bentuk system tertentu;
v Mempelajari
cara menggunakan alat, prosedur dan langkah-langkah tertentu;
v Bertujuan
untuk membuktikan sesuatu melalui proses eksperimen
v Memperagakan
dan menunjukkan simulasi secara berurutan
v Berupa
analisis, sintesis dan aplikasi
v Memerlukan
proses pengamatan yang cermat;
v Menekankan
pada pencapaian aspek afektif dan psikomotorik
v Menuntut
evaluasi praktik dan pengamatan.
Adapun
prosedur Skrip model simulasi adalah sebagai berikut.
Ø Pendahuluan
berisi: Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi
pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh selama proses
simulasi berlangsung;
Ø Pokok
materi: disajikan dalam bentuk simulasi atau proses terjadinya sesuatu cara
atau prosedur kerja dan mengerjakan sesuatu dengan dan tanpa alat khusus dengan
sajian animasi yang lengkap.
Ø Adanya
fasilitas untuk melakukan proses penggulangan simulasi dari materi yang
dimaksud
Ø Adanya
ilustrasi dalam bentuk animasi dari penjelasan materi yang berhubungan dengan
prosedur, proses dan cara kerja serta menggunakan alat tertentu;
Ø Pemberian
fasilitas pengulangan simulasi oleh peserta didik mengenai materi yang
disajikan.
Ø Evaluasi
disajikan secara terpisah dari materi dalam bentuk simulasi tersebut. Evaluasi
disusun seperti halnya pada tutorial.
Ø Soal
formatif atau UTS, bisa disajikan secara tersendiri
Ø Melihat
hasil
3. Karakteristik
Skrip Model Games
Secara umum
karakteristik Skrip Model Games adalah sebagai berikut.
v Bersifat
proses mencari dan menemukan jawaban sendiri oleh peserta didik
v Terdiri
dari prosedur dan langkah serta aturan permainan yang harus diikuti selama
pembelajaran berlangsung
v Materi
terdiri atas bagian-bagian yang harus memiliki satu kesatuan
v Bertujuan
untuk membuktikan sesuatu dan mencari jawaban sesuai dengan langkah permainan
v Menunjukkan
proses dan prosedur permainan yang menarik
v Bersifat
analisis, sintesis, evaluasi, dan penyimpulan bagian materi.
v Memerlukan
proses permainan dan berpikir kritis
v Memerlukan
bentuk dan variasi stimulus dan penguatan yang kuat
v Menuntut
evaluasi dalam bentuk sikap, kejujuran dan kecermatan.
Prosedur
yang ada dalam Skrip Model Games ini yaitu:
Ø Pendahuluan
berisi: Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi
pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh dalam bentuk
petunjuk permainan.
Ø Pokok
materi: disajikan dalam bentuk permainan (kuis, peragaan, pelakonan, dan
sebagainya) selama mengerjakan sesuatu dengan kategori permainan yang variasi.
Ø Adanya
fasilitas, untuk melakukan proses pengulangan
permainan dan setiap bagian materi termuat di dalamnya
Ø Adanya
pelakon, tokoh atau pengganti peran siswa dalam setiap permainan.
Ø Pemberian
fasilitas pengulangan permainan oleh peserta didik mengenai materi yang
disajikan.
Ø Setiap
akhir permainan ada reward.
Ø Evaluasi
disajikan di akhir permainan baik secara terpadu atau terpisah dari materi yang
disajikan
Ø Soal
formatif atau UTS bisa disajikan secara tersendiri di luar prosedur permainan.
Ø Melihat
hasil
4. Karakteristik
Skrip Model Drill
Ketentuan materi yang
dapat dikemas dalam bentuk model ini adalah sebagai berikut.
v Telah
disampaikan pada pertemuan sebelumnya atau akan diberikan selanjutnya.
v Bersifat
Pretest dengan fungsi diagnostic kemampuan pemahaman dan kecepatan belajar
peserta didik;
v Tanpa
banyak uraian dan sederhana
v Bersifat
penerapan dan kesimpulan
v Materi
yang sifatnya dasar atau prasyarat dalam mempelajari materi selanjutnya.
v Menekankan
pada aspek kognitif.
Langkah-langkah
yang dilakukan pada Skrip Model Drill
Ø Pendahuluan
berisi : Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi
pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh dalam bentuk
petunjuk pengerjaan soal-soal pilihan ganda
Ø Pokok
materi: disajikan dalam sajian soal-soal secara terstruktur dan linier dalam
bentuk soal pilihan ganda
Ø Adanya
deteksi salah benar terhadap jawaban yang diberikan peserta didik.
Ø Adanya
respon atas jawaban benar atau salah dari jawaban yang diberikan
Ø Adanya
fasilitas untuk melakukan proses menjawab soal yang mewakili bagian materi yang
disajikan
Ø Adanya
fasilitas evaluasi secara terpisah
Ø Adanya
deteksi waktu yang harus digunakan dalam menjawab setiap soal sesuai jumlah
soal yang tersedia.
Ø Adanya
grafik mengenai pencapaian skor dan kriteria mengulang tidaknya siswa dalam
mengikuti proses latihan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar