Just another free Blogger theme

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 11 September 2013



TEKNIK PENULISAN SKRIP
DALAM MULTIMEDIA PEMBEBELAJARAN

Saya mengambil teknik penulisan skrip sebagai bahan tugas yang diberikan bapak kepada kami sebagai  rangkuman materi kuliah dari Dr.Irwanto, karena luasnya materi yang dibahas saya mempersempit pengambilan materi Teknik Penulisan Skrip dalam multi Media Pembelajaran ,
Skrip merupakan sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus disiapkan oleh perancang pembelajaran berbasis computer yang meliputi analisis kebutuhan program, hasil telaah konten pembelajaran, flow chart, story board dan penetapan software dalam membangun model pembelajaran berbasis komputer.
Model skrip dikelompokkan menjadi empat yaitu : 1) Model Multimedia Pembelajaran Tutorial, 2) Model Multimedia Pembelajaran Simulasi, 3) Model Multimedia Pembelajaran Games, dan 4) Model Multimedia Pembelajaran Drill. Adapun karakteristik dari model-model tersebut adalah sebagai berikut.
1.      Karakteristik Skrip Model Tutorial
Ketentuan umum bahwa model ini bias dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai berikut.
v  Informasi Baru
v  Bersifat Konsep
v  Luas dan Mendalam
v  Memerlukan control dan mastery learning
v  Berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan yang lainnya.
v  Memungkinkan dipelajari secara berulang
v  Memiliki pola pikir dan arah pembelajaran bercabang;
v  Membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau mastery learning secara keseluruhan
v  Menekankan pada mengoptimalkan pencapaian aspek kognitif.
Adapun ciri khas model ini mempunyai bentuk prosedur:
Ø  Pendahuluan berisikan identitas mata pelajaran, identitas programmer, Judul pokok materi pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh.
Ø  Pokok materi dikemas dalam bentuk skrip tutorial ini dapat dibagi dalam dua bagian yaitu bagian uraian materi (content) dan bagian evaluasi (evaluation)
Ø  Jenis balikan atau respon
Ø  Deteksi jawaban salah dan betul
Ø  Soal formatif atau UTS, bisa disajikan secara tersendiri di luar prosedur tutorial
Ø  Melihat hasil
Komponen penting dalam skrip model tutorial adalah sebagai berikut.
§  Pengenalan, terdiri dari: (a) Judul Program; (b) Identitas Program; (c) Objektivitas Penyajian; (d)Petunjuk; (e) Stimulasi prioritas pengetahuan, bertujuan sebagai appersepsi; (f) Inisial control, tampilan inisial control berisi pilihan bagi siswa untuk menggunakan program.
§  Penyajian informasi terdiri atas: (a)) Mode penyajian atau mode presentasi; (b) Panjang teks penyajian; (c) Grafik dan animasi; (d) Warna dan penggunaannya
§  Pertanyaan atau respon
§  Penilaian respon
§  Pemberian balikan respon
§  Pengulangan
§  Segmen pengaturan pelajaran
§  Penutup

2.      Karakteristik Skrip Model Simulasi
Ketentuan umum Skrip Model Simulasi adalah sebagai berikut.
v  Bersifat proses bekerjasanya sesuatu alat, penciptaan produk tertentu
v  Terdiri dari Prosedur dalam bentuk system tertentu;
v  Mempelajari cara menggunakan alat, prosedur dan langkah-langkah tertentu;
v  Bertujuan untuk membuktikan sesuatu melalui proses eksperimen
v  Memperagakan dan menunjukkan simulasi secara berurutan
v  Berupa analisis, sintesis dan aplikasi
v  Memerlukan proses pengamatan yang cermat;
v  Menekankan pada pencapaian aspek afektif dan psikomotorik
v  Menuntut evaluasi praktik dan pengamatan.
Adapun prosedur Skrip model simulasi adalah sebagai berikut.
Ø  Pendahuluan berisi: Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh selama proses simulasi berlangsung;
Ø  Pokok materi: disajikan dalam bentuk simulasi atau proses terjadinya sesuatu cara atau prosedur kerja dan mengerjakan sesuatu dengan dan tanpa alat khusus dengan sajian animasi yang lengkap.
Ø  Adanya fasilitas untuk melakukan proses penggulangan simulasi dari materi yang dimaksud
Ø  Adanya ilustrasi dalam bentuk animasi dari penjelasan materi yang berhubungan dengan prosedur, proses dan cara kerja serta menggunakan alat tertentu;
Ø  Pemberian fasilitas pengulangan simulasi oleh peserta didik mengenai materi yang disajikan.
Ø  Evaluasi disajikan secara terpisah dari materi dalam bentuk simulasi tersebut. Evaluasi disusun seperti halnya pada tutorial.
Ø  Soal formatif atau UTS, bisa disajikan secara tersendiri
Ø  Melihat hasil

3.      Karakteristik Skrip Model Games
Secara umum karakteristik Skrip Model Games adalah sebagai berikut.
v  Bersifat proses mencari dan menemukan jawaban sendiri oleh peserta didik
v  Terdiri dari prosedur dan langkah serta aturan permainan yang harus diikuti selama pembelajaran berlangsung
v  Materi terdiri atas bagian-bagian yang harus memiliki satu kesatuan
v  Bertujuan untuk membuktikan sesuatu dan mencari jawaban sesuai dengan langkah permainan
v  Menunjukkan proses dan prosedur permainan yang menarik
v  Bersifat analisis, sintesis, evaluasi, dan penyimpulan bagian materi.
v  Memerlukan proses permainan dan berpikir kritis
v  Memerlukan bentuk dan variasi stimulus dan penguatan yang kuat
v  Menuntut evaluasi dalam bentuk sikap, kejujuran dan kecermatan.
Prosedur yang ada dalam Skrip Model Games ini yaitu:
Ø  Pendahuluan berisi: Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh dalam bentuk petunjuk permainan.
Ø  Pokok materi: disajikan dalam bentuk permainan (kuis, peragaan, pelakonan, dan sebagainya) selama mengerjakan sesuatu dengan kategori permainan yang variasi.
Ø  Adanya fasilitas, untuk melakukan proses pengulangan  permainan dan setiap bagian materi termuat di dalamnya
Ø  Adanya pelakon, tokoh atau pengganti peran siswa dalam setiap permainan.
Ø  Pemberian fasilitas pengulangan permainan oleh peserta didik mengenai materi yang disajikan.
Ø  Setiap akhir permainan ada reward.
Ø  Evaluasi disajikan di akhir permainan baik secara terpadu atau terpisah dari materi yang disajikan
Ø  Soal formatif atau UTS bisa disajikan secara tersendiri di luar prosedur permainan.
Ø  Melihat hasil

4.      Karakteristik Skrip Model Drill
Ketentuan materi yang dapat dikemas dalam bentuk model ini adalah sebagai berikut.
v  Telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya atau akan diberikan selanjutnya.
v  Bersifat Pretest dengan fungsi diagnostic kemampuan pemahaman dan kecepatan belajar peserta didik;
v  Tanpa banyak uraian dan sederhana
v  Bersifat penerapan dan kesimpulan
v  Materi yang sifatnya dasar atau prasyarat dalam mempelajari materi selanjutnya.
v  Menekankan pada aspek kognitif.
Langkah-langkah yang dilakukan pada Skrip Model Drill
Ø  Pendahuluan berisi : Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi pelajaran, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh dalam bentuk petunjuk pengerjaan soal-soal pilihan ganda
Ø  Pokok materi: disajikan dalam sajian soal-soal secara terstruktur dan linier dalam bentuk soal pilihan ganda
Ø  Adanya deteksi salah benar terhadap jawaban yang diberikan peserta didik.
Ø  Adanya respon atas jawaban benar atau salah dari jawaban yang diberikan
Ø  Adanya fasilitas untuk melakukan proses menjawab soal yang mewakili bagian materi yang disajikan
Ø  Adanya fasilitas evaluasi secara terpisah
Ø  Adanya deteksi waktu yang harus digunakan dalam menjawab setiap soal sesuai jumlah soal yang tersedia.
Ø  Adanya grafik mengenai pencapaian skor dan kriteria mengulang tidaknya siswa dalam mengikuti proses latihan tersebut.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar